SDN 03 Aweh Diduga Sunat Dana PIP Siswa

LEBAK, AktualBanten.Com – Program Indonesia pintar PIP yang di anggarkan dari APBN untuk memenuhi kebutuhan siswa-siswi seperti keperluan perlengkapan sekolah seperti alat tulis, seragam dan lain – lain yang tidak ditanggung oleh dana biaya operasional siswa BOS, ini justru di manfaatkan oleh segelintir oknum guru SDN 03 Aweh Kecamatan Kalang Anyar Kabupaten Lebak Banten untuk mengambil keuntungan dengan dalih biaya ujian dan biaya pengurusan pengajuan ke pihak Bank penyalur.

Asep salah satu wali murid ketika di temui di kediamanya di sekitaran desa aweh menuturkan bantun PIP dari dari 28 siswa kelas 6 Rp.225.000.,- /siswa di potong Rp.95.000.

“Anak saya dapat PIP tetapi di potong oleh pak imron Rp.70.000,-dan 25.000,- sama pak toni katanya sih buat biaya ujian dan pengurusan ke bank yang memang tidak di cover oleh dana BOS,” beber asep.

Ketika awak media mengkonfirmasi ke sekolah dan menemui langsung imron dan toni mereka menbenarkan pungutan tersebut untuk biaya sampul raport,foto ujian dan biaya administrasi

“Benar kang uang tersebut kita minta kembali dari siswa untuk melunasi biaya sampul raport dan foto siswa ketika ujian,dan untuk biaya administrasi pembelian materai dan fotokopi, lagipula ini sudah berlangsung lama kok dari dulu dan semua sekolah dasar se-kabupaten lebak juga seperti ini,” kilah Imron.

Saat dikonfirmasi, Maman, Kabid SD dinas pendidikan Kabupaten Lebak via telpon selulernya menuturkan program PIP itu tidak boleh di alihkan dengan dalih apapun,penerapan sanksi yang akan di berikan kalau itu memang benar adanya

“PIP itu gak boleh di alihkan nanti akan kita panggil untuk di lakukan pembinaan kalau memang benar uang itu di minta kembali ya mesti di kembalikan ke siswa karena PIP itu sepenuhnya ialah hak dari pada siswa,” ujar maman.

Semenara itu Hasan Basri Spd.I selaku sekjen Forum komunikasi lembaga swadaya masyarakat FK-LSM Labupaten Lebak menyayangkan hal seperti ini masih saja terjadi dan terus terulang.

“Hari gini masih main – main dengan dana PIP itu oknum guru tau aturan gak sih namanya program PIP itu sepenuhnya ialah hak daripada siswa dan tentunya tidak boleh di alihkan dengan dalih apapun,” tandas pria yang selalu memakai kopiyah hitam kebanggaanya.

Reporter : Cong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *