Mantan Kapolda Banten Ditunjuk Presiden Jokowi Jadi Calon Tunggal Kapolri

JAKARTA, AktualBanten.Com – Mantan Kapolda Banten Komjen Listyo Sigit Prabowo telah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang masuk masa pensiun.

Jenderal Bintang Tiga ini tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Diantaranya dia pernah menjadi Ajudan Presiden RI Joko Widodo. Ia kemudian menjabat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan terakhir sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

Dilansir dari berbagai sumber media. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Puan Maharani di gedung DPR, Rabu 13 Januari 2021 membenarkan penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri.

“Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri,” ujar Puan seperti dikutip dari detikcom.

Surpres diantarkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan diterima langsung Puan didampingi tiga wakilnya, yakni Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, dan Rachmat Gobel. Pratikno berharap surat tersebut segera ditindaklanjuti oleh DPR.

Setelah ini, Surpres akan dibawa dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

Selanjutnya pimpinan DPR akan menugaskan Komisi III menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap Listyo sebagai calon tunggal Kapolri.

Hasil uji kepatutan dan kelayakan kemudian akan dibawa ke rapat paripurna DPR untuk mendapatkan persetujuan seluruh anggota dewan.

DPR memiliki waktu paling lambat 20 hari untuk menolak atau menerima usulan presiden setelah surat presiden diterima.

Sementara, jika DPR tidak memberikan jawaban dalam kurun waktu tersebut, maka calon Kapolri yang diajukan presiden dianggap disetujui DPR.

Sebelumnya, ada lima nama yang diajukan Kompolnas ke Presiden sebagai kandidat calon Kapolri pada Kamis, 7 Januari lalu.

Mereka di antaranya Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, Komisaris Jenderal Boy Rafly Amar, Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto, dan Komisaris Jenderal Agus Andrianto.

Diketahuo Listyo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Ia lahir di Ambon, Maluku, 5 Mei 1969.

Listyo adalah sosok yang memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi karena ia menjabat sebagai Kapolres Solo pada 2011 saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *