Wisata Alam : Pandeglang Tawarkan Nuansa Indah Di “West Java”

Pandeglang, Aktualbanten.com – Sedang bepergian ke Kabupaten Pandeglang tak lengkap rasanya bila belum mengunjungi salah satu dari sekian banyak tempat wisata menarik disana, yang pertama kita ingat, tentu saja Ujung Kulon dengan hutan tropisnya dan badak bercula satu yang menjadi ikon Kabupaten Pandeglang. Minggu 25 Oktober 2020.

Berikut tempat wisata yang dapat anda jadikan referensi bila mengunjungi Kabupaten Pandeglang yang kami rangkum dari javatravel untuk anda.

Diperingkat pertama destinasi wisata di Pandeglang ini mungkin salah satunya adalah Taman Nasional Ujung Kulon(TNUK) sebagai primadona wisata di Pandeglang yang beloksi di Kecamtan Sumur dan Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Tempat wisata yang terbilang cocok sebagai tempat rekreasi untuk keluarga.TNUK ini diketahui memiliki tiga ekosistem yaitu daratan, laut dan pantai. Sementara wilayah daratan terdiri dari Gunung Honje, Semenanjung Kulon dan adanya dua pulau kecil. Area laut sendiri meliputi terumbu karang dan padang lamun. Kawasan ini tak kalah menarik juga dari segi pantainya. Pengunjung bisa menikmati hutan pantai dan mangrove dengan pemandangan begitu indah. Dan memiliki gelar sebagai sebagai natural world heritage site

Berikutnya wisata yang berhubungan dengan air yaitu Pantai Tanjung Lesung yang sudah tak asing lagi di telinga wisatawan lokal maupun manca Negara, Sebab pantai ini memiliki pasir yang putih dan juga ombak kecil. Luasnya sekitar 150 hektare dengan bentuk melengkung mirip lumpang penumbuk padi. Ada beberapa bagian dari Tempat Wisata di Pandeglang yang ditumbuhi oleh pepohonan hijau dan terlihat sebagai perpaduan panorama yang indah. Dan Wisatawan bisa melakukan beberapa aktivitas seperti memancing, duduk santai atau menaiki banana boat. pantai tersebut berada di Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Kali ini masih sekitar wisata air tapi bukan pantai atau laut melaikan air terjun di wilayah pandeglang yaitu Curug Gendang, Gendang bisa diartikan sebagai alat music yang mengeluarkan suara dengan suara debit air serupa gendang atau tambur. meskipun jarang dikunjungi oleh para wisatawan namun curug ini memiliki panorama indah yang cocok bagi mereka yang suka fotografi. Memiliki ketinggian mencapai 170 meter di atas permukaan laut. Kawasan tersebut juga dikelilingi tebing bebatuan yang tinggi serta di bagian tengahnya ada cekungan berisi air. Curug Gendang juga memiliki kedalaman 13 meter

Lokasinya berada di Desa Sukarame dimana wisatawan bsia membawa kendaraan pribadi hingga jarak 3 km dari lokasi. Setelah itu, wisatawan harus berjalan kaki hingga lokasi wisata.

Masih sekitar air terjun yang indah dengan panoramanya yaitu air terjun atau yang sering di sebut oleh orang Banten khususnya penduduk asli pandeglang adalah wisata curug, Dimana Kabupaten pandeglang memiliki keindahan air terjun bernama Curug Putri Tahura yang berada di Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandelang, Provinsi Banten.

Curug Putri Tahura ini sering di sebut Little Green Canyon nya Pandeglang yang viral di dunia maya, Sementara Tahura singkatan dari Taman Hutan Raya yang memiliki kontur mirip dengan Green Canyon di Ciamis. Ada aliran sungai diapit tebing batu raksasa. Airnya juga berwarna hijau dan putih sehingga terlihat adanya gradasi warna yang indah. Sementara di sepanjang tebing ada aneka flora dan rerumputan.

Lokasi tempat wisata ini ada di Carita, Pandeglang dan Untuk mengaksesnya, wisatawan bisa menggunakan bus atau kendaraan pribadi dengan waktu sektiar 4 jam dari ibu kota Pandeglang.

Memang Pantai mendominasi wisata di pandeglang seakan tak akan habis bila kita mengexplore wisata pantai di daerah ini, kali ini menuju ke Pantai Carita yang berlokasi di Desa sukanagara Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Panorama yang memanjakan mata seakan tak akan habis di pantai yang letaknya terbaik untuk bisa menikmati panorama indah. Letaknya ada di pesisir barat dan berhadapan langsung dengan selat sunda. Hal inilah yang menyebabkan tepi pantai carita ini tergolong landai dan deru ombak yang tidak terlalu besar.

Untuk menuju lokasi pantai tersebut amatlah mudah karena berasa di pinggir jalan Nasional carita – anyer dengan mengunakan bus. Setiap alat transportasi akan dikenakan biaya tiket masuk seperti bus Rp. 400.000 hingga Rp. 700.000 dan kendaraan pribadi beroda empat wajib membayar sekitar Rp. 150.000 per unit.

Ternyata wisata pulau tak hanya ada di Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang memiliki wisata pulau yang berlokasi di Desa Ujung Jaya Kecamatan Sumur. Yakni Pulau Peucang snorkeling, trekking dan juga menyakiskan adanya gerombolan rusa, satwa endemic juga bisa menemukan monyet ekor panjang. Hanya saja hewan tersebut akan bersembunyi jika didatangi manusia. Ada juga merak hijau yang jika beruntung wisatawan bisa melihatnya.

Luas pulau sekitar 450 Hektare ini berada si selat panaitan, lama perjalana yang di tempuh untuk ke pulau tersebut 5 jam perjalanan 5 jam hingga ke dermaga sumur

Masih di wilayah Kecamatan Sumur dengan Akses jalan menuju pulau juga cukup nyaman karena sudah beraspal, yakni Pulau Umang sering di kenal tempat untuk berbulan madu bagi pasangan yang baru menikah, dengan suasana nyaman, damai dan sejuk, panorama laut yang memukau. Para pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya layanan serta fasilitas eksklusif di pulau kecil ini.

Keunikan pulau ini Ada gerbang berbentuk umang-umang yang mana dari sinilah mereka bisa melihat beberapa cottage dan rumah makan ataupun area untuk berolahraga air.

Berikutnya destinasi yang tak kalah menjadi tujuan wisata para pengunjung yang dimiliki putra daerah Pandeglang yakni Kampung Wisata CAS Waterpark yang berada di Kampung Wisata CAS Waterpark Lokas di Jl. AMD Lintas Timur Cikole, Sukaratu, Kecamatan . Majasari, Kabuapaten . Pandeglang provinsi Banten.

Di lihat dari nama CAS Waterpark dalam bahasa Indonesia sudah pasti bisa diartikan wahana rekreasi berbasis air, dengan harga tiket masuk terjangkau 5000 hingga Rp. 20.000 di akhir pekan diluar dari harga tiket masuk, pengunjungan akan dimanjakan dengan 12 wahana seperti seperti gurita, kolam bola, karang kitri, GUPI, perahu petualang, pinisi dan masih banyak lagi.

Tak Jauh dari lokasi CAS Waterpark Pandeglang di Kecamatan Mandalawangi yakni tepatnya di Desa Kurung Kambing ada Kolam Renang DM Wisata Air Tirta Persada dimana pengunjungan yang ingin berenang di manjakan mata memandang gunung dengan pemandangan yang indah. Meskipun kolam renang buatan tetapi pemerintah tidak menghilangkan adanya suasana alami di ini. Ada pepohonan yang menghiasi area kolam renang serta saung kayu yang dibuat di pinggir kolam.

Masih wisata air buatan yaitu Coconut Island Waterpark wisata ini memiliki fasilitas penginapan yang sering disebut dengan saung. Letaknya menghadap ke panitia sehingga wisatawan bisa puas untuk melihat pemandangan matahari terbit atau tenggelam. Ada ombak di pagi hari dan berbagai acara yang sering dilakukan disini.

Wisata Kolam pemandian yang satu ini unik dan memiliki sejarah yang diyakini penduduk asli maupun dari luar daerah, wisata yang di yakini. Cikoromoy merupakan tempat wisata yang unik. Ada kolam renang dengan air yang bersumber langsung dari mata air dan begitu jernih. Mata air ini tidak akan mengalami kekeringan meski musim kemarau. Kabarnya, mata air Cikoromoy sudah ada sejak tahun 1975 yang mana waktu itu memang dilokalisasi oleh warga setempat untuk memenuhi kebutuhan air.

Lokasi Cikoromoy berada Desa Kadubumbang, Kecamatan Cimanuk Desa Lebak. Jaraknya sekitar 15 km dari Kota Pandegalang.

Nah… ini satu yang beda bagi anda yang suka bertualang di alam bebas Gunung Pulosari Yang berada pintu masuknya melalu desa pasireurih kecamatan cipeucang adalah tempatnya bagi para pendaki, diketahui Gunung Pulosari cocok sebagai destinasi mendaki. Ketinggiannya sekitar 1346 meter diatas permukaan laut. Wisatawan bisa mendaki dengan estimasi waktu 1 hingga 2 hari. Gunung ini juga merupakan gunung berapi yang menurut informasi, masih aktif. Jika ingin menemukan keindahan lainnya, jelajah Gunung Pulosari sangat recomendid.

Jika dari Jakarta Jaraknya memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam dari Jakarta sementaar dari Serang sektiar 1.5 jam saja lokasi pintu masuk nya juga bisa melalui Desa Cilentung Kecamatan Pulosari.

Terakhir rekomendasi wisata di Kabupaten Serang berlokasi di Panenjoan, Luwuk, Kecamatan, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten . Serang, Banten ini adalah Rawa Dano, obyek wisata dengan aneka flora dan juga beberapa jenis fauna Indah. Spesies yang paling sering terlihat disini adalah kera yang berkeliaran. Mereka juga sering terlihat melompat dari pohon ke pohon. Ada juga kelompok primata yang mendiami Rawa Dano dan ada 250 burung yang menghuni wilayah wisata ini. Dan para wisatawan diharapkan berhati-hati karena bisa saja ada hewan seperti buaya dan ular yang tiba-tiba melintas.

Ragam pilihan tempat wisata bisa kita dapatkan di daerah Provinsi Banten ini khususnya di Pandeglang. Salah satu wilayah di Indonesia yang diketahui menawarkan potensi wisata luar biasa. Pandeglang memiliki banyak objek wisata seperti pulau kecil, curug, pantai hingga kolam renang buatan yang dikembangkan begitu baik. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *