Kuliner Khas Lebak Tak Kalah Kelezatannya Dengan Daerah Lain, Anda Mau Coba..!!

LEBAK, Aktualbanten.com – Dikutip dari beranda Portal lebakkab.go.id. Kabupaten Lebak dengan ibukotanya Rangkasbitung memang tidak terkenal seperti daerah wisata lain di sekitar Jakarta, seperti Bogor. Namun ternyata banyak hal yang bisa di eksplore oleh para wisatawan khususnya wisata alamnya. Sabtu 17 Oktober 2020.

Tapi jangan salah, untuk wisata kulinernya Lebak menawarkan berbagai macam makanan khasnya, sebut saja salah satunya Angeun Lada Khas Masyarakat Lebak yang begitu menggugah selera.

Angeun Lada

Angeun Lada atau sayur lada merupakan masakan berupa sayur yang dicampur dengan daging kerbau atau sapi dan menggunakan daun khas bernama daun walang daun walang inilah yang membuat sayur daging olahan ini sangat diminati oleh sebagian kalangan pencinta kuliner.

Angeun Lada berasal dari daerah selatan Banten, sekitaran Serang bagian Selatan, Pandeglang, serta Lebak. Biasanya Angeun Lada menjadi menu wajib buat keluarga yang disajikan pada saat hari-hari besar seperti Lebaran atau acara kumpul keluarga.

Mungkin Kabupaten Lebak tidak banyak makanan khasnya seperti Daerah lain, tapi dalam hal kuliner Lebak tetap memiliki makanan khas yang Patut kita tahu dan lestarikan.

beberapa masakan khas lainnya dari masyarakat kabupaten Lebak ini misalnya, Leumeung  (Lemang) yang merupakan makanan khas di Malingping, Lebak, Banten.

Kuliner yang satu ini terbuat dari beras ketan berbumbu ditambah santan kelapa kental, kemudian dimasukkan kedalam bilah-bilah bambu yang kemudian dibakar diperapian hingga matang. Nikmatnya leumeung  ketika dimakan hangat-hangat, atau dimakan sesaat bilah bambunya baru dibelah, dijamin akan menggugah selera dan memanjakan lidah penikmatnya.

Sate Bebek

Sate Bebek merupakan salah satu makanan khas Cibeber, Kabupaten Lebak. Sate ini pada umumnya sama dengan sate biasa, namun pada sate ini menggunakan daging bebek dan kuahnya bukan kuah kacang atau kuah tepung melainkan kuah yang terbuat dari gula merah dicampur berbagai bumbu penyedap seperti merica hitam, daun serai, kunyit, kemiri, ketumbar dan bahan lainnya.

Anda tertarik dengan jenis kuliner seperti ini..? atau anda rindu kapung halaman karena sudah lama merantau dan jarang menemukan kuliner sejenis di didaerah lain. Lebak menanti kedatangan anda tapi tentunya dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan virus. (Apih/Suresy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *